Tuesday, December 15, 2009

YM di Handhpone mu

Bingung karena akses YM di kantor diblokir? Yang versi web juga? Atau lagi jalan-jalan tapi ada teman ngajak chatting di YM? Solusinya adalah YM lewat HP. Pertama bisa pakai SMS. Ketika masih online di PC, jangan sign out. Tapi pilih menu ‘Sign in to Mobile Device’. Anda nanti akan diminta untuk mendaftarkan lebih dulu nomor seluler Anda. Kalau sudah sign in menggunakan HP, di YM milik teman Anda akan muncul ID Anda sedang online dengan status ‘I’m on SMS’. Teman Anda dapat langsung mengirim pesan ke Anda dan pesan tersebut langsung terkirim ke HP Anda berupa pesan SMS. Sekali kirim maksimal 160 karakter karena dikirim berupa SMS. Dan kelemahannya, kalau kita membalas pesan tersebut, artinya kita akan mengirim pesan SMS ke Yahoo! dan kita akan terkena charge SMS internasional sebesar Rp.500,- (umumnya segitu). Nah, kalau tidak mau kena charge SMS, masih ada alternatif lain.

Kita bisa mengakses YM melalui WAP. Bukalah WAP browser atau browser internet di HP Anda. GPRS Anda tentunya sudah harus aktif (kalau sudah pakai MMS berarti sudah aktif). Kemudian buka alamat http://m.yahoo.com. Pilih link ‘Messenger’ (ada juga link Mail untuk mengecek email Yahoo Anda melalui HP :) ). Saat diminta untuk sign in, masukkan Yahoo!ID dan password seperti biasa. Setelah itu akan tampil menu-menu untuk melihat daftar teman yang online (ditampilkan per group juga) atau mengecek pesan yang masuk. Jadi kelemahan YM via WAP ini adalah kalau ada pesan masuk tidak langsung muncul, melain kita harus cek dulu, refresh page, setiap saat. Jadi memang lebih efektif untuk chatting yang intensif, yang hampir tiap saat ada balasan.

Untuk mengirim pesan, masuk ke salah satu group atau View All Friends untuk memilih salah satu teman yang ingin dikirimi pesan. Setelah dipilih, akan muncul lagi menu untuk membuat pesan (Compose Msg). Ketik pesan yang akan dikirim dan pilih Send. Pesan akan langsung terkirim ke teman kita. Dan kita bisa langsung cek balasannya di Check Msg. Saat login melalui WAP ini, di YM milik teman kita akan muncul nama kita sedang online dengan status ‘I’m mobile’ dan teman kita dapat mengirim pesan ke kita seperti biasa. Kalau ada pesan masuk pun di WAP nanti juga langsung ada pilihan untuk langsung Reply. Cukup enak untuk yang mau ber-YM ria sementara berada di tempat yang tidak ada koneksi internet.

No comments: